photo
Para polisi Kolombia lebih meningkatkan kewaspadaan terutama Kolombia bagian Utara setelah ditemukannya selebaran sayembara yang berani membunuh Polisi dapat hadiah uang sebesar US$ 500.00,- atau sekitar  Rp. 4,5 juta. Tawaran ini disebarkan oleh geng kriminal Urabenos, tawaran lebih tinggi untuk yang bisa membunuh polisi Anti Narkotika. Selebaran tawaran membunuh polisi muncul  setelah beberapa pekan polisi menewaskan  pemimpin geng mereka  Urabenos Juan de Dios Usuga dalam sebuah penggerebekan di peternakannya.
Seperti yang dilansir BBC london , Polisi anti narkotik melakukan penggerebekan  di Necoli, Provinsi Cocho saat Usuga tengah merayakan malam pergantian tahun. Jajaran  polisi diwilayah itu sudah diberi peringatan oleh komandan mereka Jenderal Jose David Guzman bahwa  mereka sedang dalam ancaman pembunuhan dari geng Urabenos.  Jenderal Jose David Guzmanbelum bisa memastikan apakah geng Urabanos  akan mengadopsi strategi ini untuk menyerang polisi atau tidak. Yang jelas kami bersiaga,” kata Guzman.
Sejumlah pejabat mengatakan Usuga atau lebih dikenal dengan sebutan Giovanni bersama anak buahnya menembaki helikopter polisi akibatnya terjadi baku tembak yang kemudian menewaskan
seorang anggota polisi. Kemudian polisi melakukan penggerebekan dan menwaskan pemimpin mereka Usuga . Setelah tewasnya sang pemimpin geng ini justru semakin meningkatkan aktivitasnya.
Anggota geng ini menutup jalan dan mengancam para pedagang agar tidak menjalankan aktivitasnya. Kondisi ini melumpuhkan perekonomian warga provinsi Antioquia dan Cordoba.
Los Urabenos adalah salah satu kelompok bersenjata yang oleh pemerintah Kolombia disebut Bacrim alias geng kriminal.
Presiden Kolombia Juan Manuel Santos menyatakan perang melawan geng kriminal menjadi salah satu prioritas pemerintahannya.
Presiden menawarkan hadiah US$2,1 untuk informasi yang bisa mengungkap keberadaan Otoniel, pemimpin geng Urabenos sekarang.
Pemerintah Kolombia juga mengumumkan pembentukan kesatuan polisi baru di kota Santa Marta, salah satu basis terkuat Urabenos di pesisir Atlantik.