Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan

Beijing: Walaupun telah hidup berabad-abad tahun yang lalu, jejak kaki Dinosaurus masih ditemukan. Seperti yang dilansir dalam laman xinhua, Selasa (10/1), Ahli Paleontologi Cina, Zhang Jianping, menemukan ratusan jejak kaki Dinosaurus membekas di pinggiran kota Beijing. Jejak tersebut ditemukan berurutan sebanyak tujuh sampai delapan langkah.

Jianping yang merupakan peneliti dari Universitas Geosciences Cina mengatakan, jejak yang ditemukan di taman geologi Yanqing county adalah jejak pertama yang ditemukan di Beijing. Menurutnya, jejak tersebut dipijakkan dinosaurus yang hidup pada periode Jurassic akhir, yakni sekitar 140 sampai 150 tahun yang lalu.

Seperti kita ketahui, masa hidup dinosaurus terbagi menjadi tiga periode, yakni Periode Triassic (245-202 juta tahun lalu), Periode Jurrassic (200-144 juta tahun lalu), dan Periode Cretaceous (144-65 juta tahun lalu).

Sebelumnya, sekelompok ilmuwan yang juga berasal dari Universitas Geosciences Cina menemukan jejak dinosaurus di Taman Geologica Guihuamu pada Juli 2011 silam.

Zhang menduga jejak kaki dinosaurus tersebut kemungkinan dipijak oleh dinosaurus jenis Thyreophoras, theropods, Ornitophoda, dan Sauropoda. "Penemuan ini akan bermanfaat bagi studi tentang pengklasifikasian dinosaurus Cina pada akhir periode Jurassic dan awal periode Cretaceous," kata Zhang. (RZK/MEL)

sumber:liputan6.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Avatar Gamezine Designed by Cheapest Tablet PC
Supported by Phones 4u